Etika Bisnis
ETIKA BISNIS
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan
rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan blog
tentang Etika ini dengan baik Dan juga saya Farrell Bimo Seno dari Universitas Jember
berterima kasih pada Bapak Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI selaku Dosen mata
kuliah Etika Profesi yang telah memberikan tugas ini kepada saya. Tak lupa juga
ucapan terima kasih kepada teman - teman yang telah turut membantu dalam proses
pembuatan blog ini.
Etika bisnis, bisnis sendiri memiliki pengertian yaitu sebuah kelompok
yang bertujuan menciptakan barang yang nanti nya akan di jual untuk mendapatkan
profit yang sebesar-besar nya, lalu etika bisnis sendiri memiliki sebuah
pengertian yaitu suatu bentuk etika profesi yang mengatur etika dan masalah
yang berada di lingkungan bisnis.
Macam Macam prinsip etika bisnis:
- Prinsip Otonomi
Prinsip otonomi adalah kemampuan mengambil keputusan dan bertindak
berdasarkan kesadaran tentang apa yang baik untuk dilakukan dan bertanggung
jawasecara moral atas keputusan yang diambil.
- · Prinsip Kejujuran
Prinsip kejujuran adalah sebuah prinsip yang harus di punyai oleh orang
orang yang berada di lingkungan bisnis karena kejujuran kunci keberhasilan
suatu bisnis.
- · Prinsip Keadilan
Prinsip Keadilan adalah sebuah prinsip yang menjamin hak hak orang,yang
artinya tidak ada yang boleh dirugikan haknya.
- · Prinsip Saling
Menguntungkan
Prinsip Saling Menguntungkan adalah sebuah prinsip yang membuat semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan,
demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif.
- Prinsip Integritas Moral
Prinsip Integritas Moral adalah sebuah prinsip yang dimana para pelaku
bisnis harus menjaga nama baik pribadi dan perusahaan/organisasi agar tetap
dipercaya dan berintegritas tinggi.
Masalah etika pada bisnis :
Masalah etika dalam bisnis adalah sebuah masalah, situasi dan peluang
yang dapat diidentifikasi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tindakan
yang dapat dievaluasi sebagai tindakan yang benar atau salah, etis atau tidak
etis.
E-COMMERCE
E-Commerce adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada internet yang
dapat digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik, atau dengan kata
lain memiliki sebuah toko online.
Masalah masalah yang berada di lingkungan E-COMMERCE :
- 1.
Web Spoofing
salah satu bentuk penipuan online yang dilakukan dengan cara menyamar
sebagai seseorang / pihak tertentu.
- 2.
Cyber-squatting
suatu tindakan pendaftaran nama domain yang dilakukan oleh orang yang
tidak berhak (tidak memiliki legitimate interest).
- 3.
Privacy Invasion
Masalah penyalahgunaan informasi pribadi konsumen.
- 4.
Email spamming
Spamming melalui email yang pernah dimasukkan oleh konsumen. Kemudian
dijadikan sebagai “pasar” untuk mengiklankan produk secara berkala.
- 5.
Online Piracy
Pembajakan onlineyang melanggar hak atas kekayaan intelektual seperti
Komentar
Posting Komentar