Etika Bisnis

 ETIKA BISNIS


 

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan blog tentang Etika ini dengan baik Dan juga saya Farrell Bimo Seno dari Universitas Jember berterima kasih pada Bapak Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI selaku Dosen mata kuliah Etika Profesi yang telah memberikan tugas ini kepada saya. Tak lupa juga ucapan terima kasih kepada teman - teman yang telah turut membantu dalam proses pembuatan blog ini.

 

Etika bisnis, bisnis sendiri memiliki pengertian yaitu sebuah kelompok yang bertujuan menciptakan barang yang nanti nya akan di jual untuk mendapatkan profit yang sebesar-besar nya, lalu etika bisnis sendiri memiliki sebuah pengertian yaitu suatu bentuk etika profesi yang mengatur etika dan masalah yang berada di lingkungan bisnis.

 

Macam Macam prinsip etika bisnis:

  • Prinsip Otonomi

Prinsip otonomi adalah kemampuan mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran tentang apa yang baik untuk dilakukan dan bertanggung jawasecara moral atas keputusan yang diambil.

  • ·       Prinsip Kejujuran

Prinsip kejujuran adalah sebuah prinsip yang harus di punyai oleh orang orang yang berada di lingkungan bisnis karena kejujuran kunci keberhasilan suatu bisnis.

  • ·       Prinsip Keadilan

Prinsip Keadilan adalah sebuah prinsip yang menjamin hak hak orang,yang artinya tidak ada yang boleh dirugikan haknya.

  • ·       Prinsip Saling Menguntungkan

Prinsip Saling Menguntungkan adalah sebuah prinsip yang membuat  semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan, demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif.

  •   Prinsip Integritas Moral

Prinsip Integritas Moral adalah sebuah prinsip yang dimana para pelaku bisnis harus menjaga nama baik pribadi dan perusahaan/organisasi agar tetap dipercaya dan berintegritas tinggi.

 

Masalah etika pada bisnis :

Masalah etika dalam bisnis adalah sebuah masalah, situasi dan peluang yang dapat diidentifikasi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tindakan yang dapat dievaluasi sebagai tindakan yang benar atau salah, etis atau tidak etis.

 

E-COMMERCE

E-Commerce adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada internet yang dapat digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik, atau dengan kata lain memiliki sebuah toko online.

 

Masalah masalah yang berada di lingkungan E-COMMERCE :

  • 1.  Web Spoofing

salah satu bentuk penipuan online yang dilakukan dengan cara menyamar sebagai seseorang / pihak tertentu.

  • 2.  Cyber-squatting

suatu tindakan pendaftaran nama domain yang dilakukan oleh orang yang tidak berhak (tidak memiliki legitimate interest).

  • 3.  Privacy Invasion

Masalah penyalahgunaan informasi pribadi konsumen.

  • 4.  Email spamming

Spamming melalui email yang pernah dimasukkan oleh konsumen. Kemudian dijadikan sebagai “pasar” untuk mengiklankan produk secara berkala.

  • 5.  Online Piracy

Pembajakan onlineyang melanggar hak atas kekayaan intelektual seperti

e-book, musik, video dll.

Komentar